Ayah Sayang Bunda

Ayah Sayang Bunda
Brlajar Mengerti, Arti Kehidupan

Senin, 30 April 2012

Cara menghidupkan komunitas


Seru-seru banget, kalau kita bisa bikin komunitas. Tapi masalahnya kenapa sering ada kejadian dimana setiap bikin komunitas, ujung-ujungnya tinggal nama doank. Bikin komunitas itu susah-susah gampang.

Tips berikut ini tentang step-by-step membuat komunitas baik itu .

Modal utamanya : niat plus semangat yang besar supaya komunitas yang kita bikin tetap langgeng berjaya.

Build our community
Target : punya tujuan yang jelas
• tentukan visi dan misi
sebelum berandai-andai punya anggota yang banyak di kominitas kita. Kita harus menyatukan visi dan misi dulu. Supaya komunitas kita punya pijakan yang kuat. Misalnya Komunitas Backpacker untuk teman-teman yang suka bepergian dengan modal minim namun bisa jalan-jalan kemana saja.
• rajin ngumpul dan berkegiatan
ajak temen2 satu komunitas untuk ketemuan atau kopdar alias kopi darat. Kalau bisa sih kopdarnya rutin. Jadi kita bisa ngobrol banyak hal tentang komunitas kita. Misanya Komunitas Hewan atau pencinta hewan sering pergi melakuka napak tilas atau berbagi ilmu dengan anggota komunitas lainnya.
• time to promote
nah yang ini waktunya untuk promosi. Biar lebih efektif ajak semua anggota untuk promosi.

Manage our community
Target : bikin komunitas kita hidup
• berinteraksi dengan dunia luar
qlo yang ini caranya bias bermacam-macam. Apalagi di jaman serba canggih seperti sekarang. Kita pilih jalur internet seperti bikin account di friendster atau facebook, milis, forum dan blog kalau perlu anggota nya di ikutkan dalam Lokakarya Seminar untuk menambah wawasan para anggota komunitas tersebut. Keuntungannya lebih murah di banding kopi darat n bisa merekrut anggota lebih banyak
• kenalan sama anggota baru
coba deh lebih akbar sama anggota baru. Soalnya keberadaan mereka penting banget. Pertama mereka membuat komunitas kita makin besar. Kedua mereka adalah tim promosi kita juga. Kalau komunitas kita memuaskan, mereka pasti merekomendasikan ke teman2nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar